Jumat, 30 April 2010

Kampus USU di Kwala Bekala

 
Perkembangan jumlah mahasiswa USU dalam satu dekade terakhir, lebih dari 30.000 orang pada tahun 2007, dan diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2020, telah mendorong USU untuk mengupayakan pengembangan lahan kampus sebagai perluasan dari lahan kampus Padang Bulan. Oleh karena itu, sebuah kampus baru sebagai kampus kedua sedang dipersiapkan yang berlokasi di Kwala Bekala, sekitar 15 km dari kampus Padang Bulan, dengan luas 300 ha atau hampir tiga kali luas kampus Padang Bulan. Lahan kampus Kwala Bekala yang telah dipagar keliling dengan tembok saat ini digunakan sebagian sebagai arboretum - hutan pendidikan, pembenihan kelapa sawit, kebun bunga dan holtikultura, peternakan dan pembuatan waduk.

Kampus Kwala Bekala dikembangkan sebagai kampus yang humanis (nyaman, aman dan menyenangkan, berskala pejalan kaki), hemat energi, sehat dan ramah lingkungan, serta mencerminkan visi USU sebagai "U for I" (University for Industry). Selain itu, kampus ini direncanakan akan menampung aktifitas akademik, sosial dan industri dalam: (1) Zona Akademik dan Laboratorium Terpadu; (2) Zona Pendukung (club house, komersial, fasilitas umum dan fasilitas sosial); (3) Zona Arboretum - Hutan Pendidikan; (4) Zona Pembenihan Sawit; dan (5) Zona Peternakan.

Kampus Kwala Bekala memiliki rencana tata bangunan dan lingkungan (RTBL) yang dituangkan dalam rencana induk yang berfungsi sebagai pedoman dan pengendali pembangunan dan pemanfaatan ruang yang khusus berlaku pada kawasan kampus Kwala Bekala. Dengan demikian, diharapkan proses pertumbuhan fisik pada kampus ini dapat terkendali dan selaras, sehingga tidak memperburuk kualitas lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar