Kamis, 13 Mei 2010

Buruan Ikut Lomba KIR LIPI Berhadiah Rp30 Juta!


JAKARTA - Dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-15 tahun 2010, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputra menggelar tiga Lomba Karya Ilmiah.

Ketiga lomba tersebut adalah Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-42, Lomba Kreativitas Guru (LKIG) ke-18, dan Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-9.

"LKIR merupakan kompetisi ilmiah bagi remaja usia 12-19 tahun yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta menumbuhkan rasa ingin tahu, kreativitas, dan inovasi remaja melalui kegiatan penelitian," ujar Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan IPTEK (BKPI-LIPI) Dr. Deddy Setiapermana, dalam keterangan tertulisnya kepada okezone, di Jakarta, Kamis (13/5/2010).

Bidang penelitian yang dilombakan dalam LKIR meliputi Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, serta Ilmu Teknik dan Rekayasa. Lomba terbuka untuk peserta perorangan atau kelompok dengan anggota maksimal tiga orang.

Proposal penelitian dikirimkan secara elektronik melalui situs LKIR 2010 dan diterima panitia paling lambat 15 Juli 2010. Rangkaian kegiatan LKIR akan berlangsung dari 1 Agustuts - 23 November 2010.

Sementara itu, LKIG ditujukan bagi guru SD, SMP dan SMA atau yang sederajat yang mengajar pada lembaga pendidikan formal. Lomba ini mencakup bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, Matematika, serta Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi.

Karya ilmiah untuk kategori ini dikirimkan sebanyak 4 eksemplar (satu asli, tiga fotokopi) disertai soft copy dalam bentuk CD dan diterima panitia paling lambat 3 Juli 2010. Rangkaian LKIG ke-18 akan berlangsung 1-4 Agustus 2010.

Para peneliti muda yang berminat mengikuti PPRI haruslah berusia antara 20-24 tahun terhitung pada 30 Oktober 2010 dan masih belum lulus program Strata-1. Bidang kajian yang dilombakan meliputi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemasyarakatan, Ilmu Pengetahuan Alam, serta Ilmu Pengetahuan Teknik. Batas akhir pengiriman karya ilmiah adalah 9 Oktober 2010 (cap pos). 

Nantinya akan dipilih tiga urutan pemenang untuk ketiga lomba tersebut. "Pemenang pertama akan mendapat hadiah sebesar Rp 12 juta, pemenang kedua sebesar Rp 10 juta, dan pemenang ketiga sebesar Rp 8 juta," pungkas Deddy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar