Minggu, 09 Mei 2010

UGN Direkomendasikan Jadi PTN

PADANGSIDIMPUAN - Lima kabupaten atau kota di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) merekomendasikan Universitas Graha Nusantara (UGN) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN).

Perubahan status itu ditargetkan sudah terealisasi akhir tahun ini. Kelima kabupaten/kota itu, yakni Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Mandailing Natal (Madina), Padanglawas Utara, dan Padanglawas.

Rektor UGN Erwin Masrul Harahap menyatakan, kelima kabupaten atau kota tersebut sangat menginginkan adanya salah satu perguruan tinggi berstatus negeri di kawasan Tabagsel.

Dasar pemikiran peningkatan status kampus tersebut didasarkan atas tingginya jumlah siswa yang melanjutkan pendidikan ke PTN di luar daerah. Padahal,setiap tahun jumlah siswa yang menamatkan studinya di wilayah Tabagsel sangat tinggi.

“Hampir setiap daerah di Pulau Jawa mempunyai PTN meskipun kapasitas tamatan siswanya belum tentu sebanyak yang ada di wilayah Tabagsel,” tandasnya kemarin.

Menurut dia, saat ini mereka sudah melakukan langkah-langkah untuk mewujudkan UGN menjadi PTN. Seperti melobi pemerintah pusat, termasuk dengan meminta surat rekomendasi dari DPRD Sumatera Utara.

“Selain kelima daerah tersebut, kami juga sudah mendapatkan (rekomendasi) dari DPRD Sumatera Utara,” ujarnya.

Ternyata, keinginan UGN itu mendapat sambutan positif dari pemerintah. Menurut rencana, tahun ini UGN sudah bisa menjadi perguruan tinggi negeri. “Target 2010 akhir, UGN sudah berubah status menjadi perguruan tinggi negeri di wilayah Tabagsel,” ungkapnya.

Sementara itu, Saripada Harahap, salah seorang pengurus Yayasan Darma Bhakti Perguruan Tinggi Indonesia (Yadpi) menyatakan, saat ini UGN sudah menyediakan lahan seluas 40 hektare (ha) yang akan dijadikan lahan perkuliahan.

Selain itu, mereka sudah merenovasi semua fasilitas yang ada di kampus itu. “Penyiapan lahan tersebut merupakan salah satu syarat untuk menjadi PTN. Maka itu, kami sudah menyediakannya. Selain itu, kami juga sudah merehab semua fasilitas yang ada di UGN,” tuturnya.

Dia berharap kepada seluruh masyarakat Tabagsel, baik yang ada di daerah maupun di luar daerah, dapat secara bersama-sama membantu realisasi peningkatan status UGN menjadi salah satu PTN di Tabagsel. Di tempat terpisah, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Padangsidimpuan Khoiruddin Nasution menyatakan sangat mendukung rencana tersebut. “Sudah selayaknya di wilayah Tabagsel memiliki satu perguruan tinggi negeri,” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar