Sabtu, 08 Mei 2010

USU Buka Penerimaan 2.347 Mahasiswa Baru

Universitas Sumatra Utara. (Foto: Ist)
MEDAN - Universitas Sumatera Utara (USU) akan menerima sebanyak 2.347 mahasiswa baru melalui Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN) pada tahun akademik 2010/2011. Mereka akan diterima di 46 program studi sarjana (S1) reguler pada 13 fakultas.

"Jalur penerimaan ini adalah dengan biaya Sumbangan Pokok Pendidikan (SPP) bersubsidi. Pendaftarannya sendiri sudah berlangsung sejak bulan lalu," jelas Kepala Bagian Humas USU Bisru Hafi, di Medan, Sumatra Utara, Senin (3/5/2010).

UMB-PTN ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN). Tahapannya diawali dengan pembayaran biaya pendaftaran di BNI sejak 22 Februari lalu hingga 19 Mei mendatang.

Biayanya tidak berubah dari tahun lalu, yakni sebesar Rp200 ribu untuk kelompok IPA atau IPS tetap, dan Rp225 ribu untuk kelompok IPC.

Setiap calon mahasiswa yang telah membayar biaya pendaftaran telah mulai melakukan pendaftaran online secara sejak 12 April lalu, dan berakhir 19 Mei. Sedangkan ujian tulisnya akan dilangsungkan pada 22 Mei mendatang, dan pengumuman pada 8 Juni 2010.

Pelaksanaan ujian tulis jalur UMB-PTN ini dilaksanakan hanya satu hari, berbeda berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar selama dua hari. "Perampingan waktu ujian ini dilakukan untuk peserta ujian, agar yang berasal dari luar daerah bisa menghemat biaya akomodasi dan lain-lain," ungkap Bisru.

Tahapan UMB-PTN 2010 ini sendiri berlangsung serentak di 12 PTN di seluruh Indonesia. Yakni, Universitas Syiah Kuala, Universitas Malikussaleh, USU, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Jambi. Selain itu, juga di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Negeri Makasar, dan Universitas Palangkaraya.

Ditambahkan Bisru, Panitia Lokal USU sedang mempersiapkan tiga sektor lokasi ujian yang berada di kawasan Kampus USU dan sekitarnya untuk pelaksanaan UMB-PTN ini. Panitia berencana akan menambah daya tampung peserta ujian hingga mencapai 31 ribu orang, setelah sebelumnya diikuti sekitar 28 ribu orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar