Selasa, 20 Juli 2010

Bola Jabulani Terjual Rp 7,5 Miliar di Situs Lelang eBay



Bola Jabulani Terjual Rp 7,5 Miliar di Situs Lelang eBay
Aer Terkini – BOLA JABULANI yang digunakan pada final Piala Dunia 2010 telah laku terjual dengan harga £ 48.200 atau sekitar Rp 7,5 miliar. Bola yang terkenal cukup menyusahkan para kiper dalam piala dunia di Afrika Selatan itu dibeli oleh seorang pendukung tim nasional Spanyol dalam sebuah lelang internet untuk amal sosial. Seperti dilaporkan BBC, bola tersebut disumbangkan ke lembaga sosial 46664, yang didirikan oleh Nelson Mandela untuk memerangi penyebaran HIV/Aids.

Perusahaan Adidas, sebagai produsen bola tersebut menyampaikan bahwa ada 133 penawar yang berasal dari 55 negara yang ingin mendapatkan bola itu.



Seperti yang diketahui, bola Jabulani turut mencatat sejarah bagi persepakblaan Spanyol karena berhasil meraih juara Piala Dunia untuk pertamakalinya setelah mengalahkan Belanda 1-0 dalam pertandingan final Piala Dunia 2010 melalui tendangan Andres Iniesta.

Ruth Szyszkowski dari eBay mengatakan bola yang digunakan dalam final -yang diplesetkan dengan sebutan Jo’bulani- laku dengan nilai tinggi karena kontroversi atas bola tersebut dan juga lembaga sosial yang akan mendapat hasil penjualannya.

Sebelumnya, Jabulani sempat mendapat banyak kritikan dari berbagai pihak, dengan alasan bahwa bola itu sama seperti bola yang dibeli di supermarket, sementara yang lain mengatakan arah bola tidak bisa ditebak.
Menanggapi hal itu, Adidas menegaskan bahwa bola yang diberi teknologi cengkeram itu memungkinkan tendangan yang stabil dengan cengkeraman yang bagus dalam kondisi apa pun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar