Senin, 09 Agustus 2010

Piano Kuno Mozart Ditemukan di Jerman

Piano Kuno Mozart Ditemukan di Jerman

Aer Terkini – SEBUAH PIANO KUNO yang yang dipercayai pernah dimainkan oleh musisi legendaris, Wolfgang Amadeus Mozart, baru-baru ini ditemukan oleh produsen piano Martin Becker di kota Baden-Baden, Jerman. Kabarnya, piano berusia lebih dari dua abad itu akan dilelang dengan harga milyaran rupiah.

Seperti yang dilaporkan stasiun radio SWR, Kamis (05/08/2010), piano tersebut didapatkan Becker dari agen barang antik di Strasbourg, Prancis timur pada tahun 1980. Menurut laporan, SWR, piano tersebut dibuat oleh Christian Baumann pada tahun 1775.



Sebelumnya  Becker tidak mengetahui kalau piano yang dibelinya itu  adalah  piano yang memiliki nilai sejarah tinggi karena pernah dimainkan oleh Mozart.  Dia baru mengetahuinya setelah seorang sejarawan musik memberitahunya ketika dirinya berniat melelang piano tersebut.

“Saya punya firasat bahwa piano itu merupakan instrumen lama yang telah hilang dan yang selalu dimainkan oleh Mozart setiap kali ia datang ke Strasbourg,” kata SWR mengutip keterangan sejarawan musik tersebut.
Becker yang mengetahui piano yang dimilikinya sangat bersejarah itu berniat melelangnya di situs lelang online eBay. “Saya memiliki ide untuk menawarkan pada (situs lelang online) eBay dan mungkin menawarkannya antara 30.000 dan 40.000 euro,” kata Becker.

Gambar piano itu sendiri pernah nampak pada lukisan minyak yang bersejarah di kota Wina. Dalam lukisan itu nampak Joseph Haydn, seorang komposer seangkatan Mozart sedang memainkan piano itu. Para ahli sejarah mengatakan piano itu bisa bernilai jutaan poundstersling jika silsilah urutan pemilik piano itu telah dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar