Selasa, 10 Agustus 2010

Teknologi Akuakultur

Program studi ini khusus dirancang untuk memberikan kesempatan memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang budidaya ikan. Hal ini dimaksudkan untuk membekali para lulusan dalam menanganni semakin meningkatnya permasalahan di bidang pengembangan budidaya. 
Kualifikasi di atas juga termasuk keahlian untuk mengimplementasikan sistem pembenihan dan pembesaran ikan. Selain itu, para taruna juga akan dibekali dengan dasar-dasar wawasan pengetahuan yang luas untuk diterapkan di lapangan sebagai seorang ahli budidaya yang profesional.

x
Tujuan Program Studi :
Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang teknologi akuakultur dan berkepribadian serta memiliki:
  1. Kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan komplek, khususnya dalam bidang akuakultur
  2. Keterampilan menejerial yang berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan usaha bidang akuakultur
  3. Kemampuan memecahkan masalah dengan tanggungjawab mandiri
  4. Kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam keahliannya

Ruang Lingkup Pekerjaan Tamatan
  1. Melakukan kegiatan pembenihan dan pembesaran ikan, moluska, krustase, dan tanaman air untuk mencapai tingkat dan kualitas produksi yang diinginkan.
  2. Merencanakan dan mengelola kegiatan pembenihan dan pembesaran ikan, moluska, krustase dan tanaman air untuk mencapai tingkat efisiensi yang ditargetkan.
  3. Mengembangkan usaha pembenihan dan pembesaran sesuai perkembangan DU/DI di tingkat lokal, nasional, regional maupun international.
  4. Menyelesaikan masalah yang timbul secara mandiri sesuai dengan kaidah-kaidah akuakultur yang bertanggungjawab dan berwawasan lingkungan.
Mata Kuliah Teknologi Akuakultur :
Aplikasi Komputer, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biokimia, Biologi Perikanan, Dasar-dasar Budidaya Perairan, Dasar-dasar Penyuluhan Perikanan, Ekologi Perairan, Ekonomi Perikanan, Fisika, Fisiologi Hewan Air, Hama dan Penyakit Ikan, Hukum Maritim dan Peraturan Perikanan, Ilmu Tanah, Karya Ilmiah Praktek Akhir, Kelayakan Usaha Perikanan, Keteknikan Budidaya Perikanan (Perltan & Mesin BP), Kewirausahaan, Kimia Anorganik, Kimia Organik, Limnologi, Manajemen Kesehatan Ikan, Manajemen Kualitas Air, Manajemen Lingkungan Budidaya Perairan, Manajemen Usaha Pembenihan, Manajemen Usaha Pembesaran, Manajemen Usaha Perikanan, Matematika, Metodologi Penelitian Terapan, Mikrobiologi Dasar, Penanganan Hasil Budidaya Perikanan, Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Pengantar Ilmu Perikanan, Perencanaan Pengembangan Usaha Budidaya, Planktonologi, Praktek Akhir, Praktek Integrasi, Praktek Keahlian, Praktek Pengenalan Kehidupan Masyarakat Pesisir, Rekayasa Genetika, Seminar, Sosiologi Pedesaaan, Standarisasi dan Sertifikasi Sistem Mutu, Statistika I, Statistika II, Tata Niaga dan Pemasaran Hasil Budidaya, Teknik Budidaya Air Payau I, Teknik Budidaya Air Payau II, Teknik Budidaya Air Tawar, Teknik Budidaya Laut I, Teknik Budidaya Laut II, Teknik Pembenihan Ikan Bersirip, Teknik Pembenihan Ikan Tidak Bersirip, Teknik Pengambilan Keputusan, Teknik Produksi Pakan Alami, Teknologi Produksi Pakan Buatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar