Kamis, 09 September 2010

Facebook Turunkan IPK Mahasiswa

Aer Terkini - Sebuah penelitian menunjukkan, mahasiswa yang menggunakan situs jejaring sosial Facebook sambil belajar meraih nilai 20 persen lebih rendah dibandingkan teman sekelasnya yang memusatkan perhatian pada buku.

Aktivitas membuka status Facebook, foto, grup, dan pesan instan secara terus menerus menyebabkan perhatian para mahasiswa ini teralihkan dari materi pelajaran mereka.



Profesor Paul Kirschner dari Universitas Terbuka Netherland mengatakan, Facebook melukai hasil ujian para mahasiswa. "Masalahnya, kebanyakan orang yang memiliki akun Facebook atau situs jejaring sosial lainnya membiarkan email atau layanan pesan singkatnya terbuka sementara mereka mengerjakan hal lainnya," ujar Kirschner seperti dikutip dari situs New York Post, Rabu (8/9/2010).

Tim Kirschner mempelajari 219 mahasiswa berusia 19-24 tahun di sebuah universitas di Amerika. Pengguna Facebook memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,06 (skala 4), sementara mereka yang bukan pengguna Facebook meraih IPK 3,82. Mereka yang tidak menggunakan Facebook menghabiskan waktunya hingga 88 persen untuk belajar di luar kelas. Hasil riset ini akan dipublikasikan dalam jurnal Computers in Human Behavior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar