Selasa, 25 Januari 2011

Banjir di Medan Karena 8 Sungai meluap

Aer Terkini- Banjir yang melanda Kota Medan dan sekitarnya, bukan hanya disebabkan oleh luapan air dari Sungai Deli dan Sungai Babura.
Ternyata masih ada enam sungai lainnya juga turut menyumbangkan debit airnya.

"Ada delapan sungai yang meluap. Makanya banyak daerah yang terendam air. Bahkan ada yang sampai empat meter," tutur Barus, salah seorang anggota Tim SAR Kota Medan yang dijumpai di lokasi banjir di Kecamatan Medan Maimun, Kamis (6/1/2011).

Menurutnya, sungai yang meluap itu, selain Sungai Deli dan Sungai Babura, adalah Sungai Belawan, Sungai Badera, Sungai Sikambing, Sungai Sulang Saling, Sungai Kera, dan Sungai Tuntungan. Delapan sungai tersebut juga melintasi Kota Medan, karena merupakan anak dari Sungai Deli.

Setidaknya ada delapan kecamatan pula yang dilintasi semua sungai tersebut. Yakni, Kecamatan Medan Denai, Medan Tuntungan, Medan Baru, Medan Polonia, Medan Maimun, Medan Marelan, Medan Johor, dan Medan Sunggal. Semua kawasan tersebut ikut terkena banjir, dan ribuan rumah yang berada di delapan kecamatan tersebut pun terendam.



Hingga saat ini, Tim SAR Kota Medan masih terus melakukan penyisiran di lokasi banjir untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir dengan menggunakan perahu karet. Selain itu, sejumlah personel kepolisian dan TNI juga ikut membantu evakuasi para korban.

Sementara itu, sejumlah posko khusus untuk para korban dan dapur umum juga telah didirikan di beberapa kawasan. Tim medis juga sudah diturunkan untuk memberikan pertolongan pertama dan untuk mengantisipasi berbagai penyakit yang bisa muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar